Kamis, 24 Maret 2011

UI Universitas Paling Diminati

Universitas Indonesia paling diminati oleh pelajar SMA sederajat di Indonesia untuk melanjutkan pendidikan ke Jenjang sarjana. Dari data yang diperoleh, sebanyak 24.323 pelajar se Indonesia memilih UI dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Jalur Undangan 2011.

Urutan kedua diraih Universitas Gadjah Mada (UGM) dan peringkat ketiga diperoleh Universitas Padjajaran (UnpaJ) Bandung. "Ini data berdasarkan hasil pendaftaran SNMPTN jalur undangan 2011 yang berakhir Minggu (12/3). Dari data Itu menyebutkan UI paling banyak diminati pada pilihan pertama pelajar," kata Jubir UI, Vhlsnu Juwono, Kamis (24/3).

Vishnu mengatakan, para pendaftar tersebut berkompetisi memperebutkan 55 program studi (prodi) yang terbagi ke dalam tiga rumpun ilmu .yakni ilmu kesehatan, sains teknologi serta ilmu sosial dan humaniora.


Dari rumpun tersebut, tertinggi peminatnya adalah ilmu kesehatan. Tercatat peminat dokter 3.347 pendaftar, dokter gigi 567 pendaftar.

Untuk rumpun Hmu sains dan teknologi, peminat paling banyak adalah farmasi sebanyak 824 pendaftar. Kemudian diikuti ilmu komputer dengan 767 pendaftar.

Pada rumpun Ilmu sosial dan humaniora, pilihan pertama yang paling diminati adalah akuntansi sebanyak 3,602 pendaftar dan manajemen sebanyak 1,640 pendaftar.

"Sesuai pertauran Menteri Pendidikan penerimaaan mahasiswa baru wajib menerima paling sedikit 60 persen mahasiswa melalui seleksi nasional. Tapi UI UI memberikan kuota sebanyak 75-85 persen dan 20 persen untuk Jalur tertulis melaluijalur SNMPTN. UI Juga menerima mahasiswa baru melalui Seleksi Masuk (SIMAK) UI sebesar 15-25 persen," paparnya.

Sementara Itu. Rektor UI, Gumilar Rusliwa Somantri, menjelaskan sudah Uga tahun berturut-turut UI menjadi paling tinggi peminatnya dari perguruan tinggi lainnya.

Para pelajar SMA sederajat seluruh Indonesia Itu memilih Ul karena berbagai program tersedia di Ul. Contohnya kedokteran, psikologi, dan komunikasi. Kemudian Juga dilengkapi dengan fasilitas pendukung dan kampus yang hijau. Tak hanya itu lulusan UI banyak diterima di dunia Industri. "Dari hasil penelitian Tempo, dari 11 bidang pekerjaan, sembilan pekerjaan banyak dipenuhi oleh lulusan UI," tuturnya.

0 komentar:

Posting Komentar