Kamis, 16 Juni 2011

UMB-PT Sediakan 10.238 Kursi

Sebanyak 12 perguruan tinggi negeri (PTN) kembali menggelar ujian masuk bersama (UMB) pada tahun ini. Berbeda dengan tahun lalu, UMB perguruan tinggi (UMB-PT) yang digelar pada 9 Juli mendatang juga melibatkan delapan perguruan tinggi swasta (PTS) sebagai altematif pilihan.

Ketua Pelaksana UMB-PT Asman Budisantoso mengemukakan ada 10.238 kursi yang disediakan 12 PTN kepada calon mahasiswa yang tersebar di 467 program studi. Adapunbagi calon mahasiswa yang berminat melanjutkan ke PTS, disediakan 8.377 kursi dari 130 program studi di delapan PTS.


"Peserta bisa memilih 5-7 program studi di 12 PTN yang menjadi pilihan dan bebas memilih program studi apa saja di delapan PTS. Keistimewaan lainnya, peserta bisa ikut international development program (IDP) untuk studi di Australia," kata Asman, di Jakarta, kemarin.

Ke-12 PTN yang masuk dalam pilihan UMB-PT tersebut yakni Universitas Syiah Kuala (Banda Aceh), Universitas Malikussaleh (Lhok Seumawe), Universitas Sumatera Utara (Medan), Universitas Riau (Pekanbaru), Universitas Jambi (Jambi), Universitas Negeri Jakarta, Universitas Islam Negeri Jakarta, Universitas Jenderal Soedirman (Purwokerto), Universitas Diponegoro (Semarang), Universitas Negeri Semarang, Universitas Palangka Raya, dan Universitas Islam Negeri Makassar.

Adapun delapan PTS alternatif lain yakni Universitas Islam Sumatera Utara (Medan), Universitas Nasional (DKI), Universitas Pancasila (DKI), Universitas YARSI (DKI), Universitas Bakrie (DKI), Universitas Trisakti (DKI), Universitas Widyatama (Bandung), dan Universitas Islam Sultan Agung (Semarang).

Koordinator UMB-PT Usman Chatib Warsa menambahkan pendaftaran untuk UMB-PT 2011 dapat dilakukan secara online mulai 1 Juni hingga 7 Juli 2011. "Kelulusan UMB-PT diumumkan mulai pukul 18.00WIBpada 17 Juli melalui http//penerimaan. spmb.or.id." (*/Bay/H-2)

0 komentar:

Posting Komentar